Akhiri Puasa Gelar, DKI Jakarta Juara Umum POPNAS 2023!

Dipublikasikan pada 11 Sep 2023 oleh Administrator


AkhiriPuasaGe

Setelah melalui perjalanan panjang, DKI Jakarta berhasil membawa pulang 84 medali emas, 49 medali perak dan 47 medali perunggu. Suatu kebanggaan bagi Kota Jakarta karena Kontingen DKI Jakarta berhasil merebut gelar juara umum setelah bertahun-tahun puasa.

 

DKI Jakarta menetapkan target untuk bisa kembali mengangkat trofi Juara Umum Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS). Setelah hampir 10 tahun berselang, akhirnya DKI Jakarta mengakhiri penantian dengan berhasil meraih gelar Juara Umum POPNAS XVI Tahun 2023.

 

Sebelumnya, DKI Jakarta pernah mengecap gelar Juara Umum di POPNAS XII Tahun 2013 yang diselenggarakan pada 14 – 20 September 2013 di Ibu Kota Jakarta. Tahun ini, POPNAS XVI 2023 diselenggarakan di Kota Palembang, Sumatera Selatan pada 26 Agustus - 4 September 2023.

 

Euforia kemenangan mulai terlihat di hari ketiga pelaksanaan POPNAS 2023. DKI Jakarta berhasil menduduki peringkat pertama dengan menggeser kedudukan provinsi Jawa Barat yang sebelumnya berada di peringkat pertama, dan Jawa Timur di peringkat kedua. Di hari itu, atlet DKI Jakarta “mengebom” banyak prestasi dengan mempersembahkan 13 medali dari cabor renang. Disusul 6 medali dari cabor senam artistik dan 5 medali dari cabor judo.

 

Hari berikutnya, DKI Jakarta tak mau lengah. Para Manager, Pelatih dan Asisten Pelatih terus mendorong serta mendukung atlet untuk bisa menampilkan yang terbaik. Tehnik yang telah dilatih tidak hanya menjadi kekuatan atlet untuk bisa menang, namun motivasi dan support juga menjadi faktor yang cukup kuat dalam keberhasilan para atlet.


Hal ini terbukti, di hari kelima bahkan sampai hari terakhir, DKI Jakarta masih kokoh menduduki peringkat pertama. Panas terik Kota Palembang saat itu semakin membuat api semangat Kontingen DKI Jakarta untuk terus mempertahankan kedudukan hingga berakhirnya event POPNAS 2023.

 

Akhirnya, setelah melalui perjalanan panjang DKI Jakarta berhasil membawa pulang 84 medali emas, 49 medali perak dan 47 medali perunggu dengan total keseluruhan 180 medali. Suatu kebanggaan bagi Kota Jakarta karena atlet pelajar Jakarta berhasil merebut gelar juara umum setelah bertahun-tahun puasa.

 

“Alhamdulillah dalam Popnas XVI DKI Jakarta menjadi Juara Umum. Kami berhasil mengakhiri puasa gelar Juara Umum selama beberapa tahun terkahir," ucap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, bapak Andri Yansyah dalam keterangannya pada Senin (4/9/2023).

 

Gelar juara umum ini diharapkan dapat memotivasi para atlet DKI untuk bisa semakin baik, bukan hanya pada kompetisi tingkat nasional, tapi juga internasional.

 

"Tentu menjadi harapan kita semua dan cita-cita para atlet agar mereka nantinya bisa mewakili Indonesia di kompetisi tingkat internasional dan menuai prestasi terbaik," ujar Kadispora DKI Jakarta.

 

Kepala Dinas yang menjabat sejak awal tahun 2023 ini menambahkan, prestasi Juara Umum yang sudah diraih di Popnas XVI harus dipertahankan para atlet dalam penyelenggaraan kejuaraan yang sama ke depannya.

 

"Kita berkomitmen kembali meraih gelar Juara Umum pada event selanjutnya, tentu dengan berbekal tekad untuk meningkatkan perolehan medali emas dibandingkan Popnas tahun ini," tutup bapak Andri.