Ratusan Atlet Disabilitas Unjuk Diri dalam Pekan Paralimpik DKI Jakarta Tahun 2023

Dipublikasikan pada 21 Sep 2023 oleh Administrator


RatusanAtletD

Sebanyak 307 atlet disabilitas memadati Gelanggang Remaja Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur sejak pukul 09.00 WIB Pagi. Ratusan atlet dari lima wilayah kota Jakarta tersebut bersiap mengikuti ajang olahraga yang sangat dinantikan bagi para penyandang disabilitas di wilayah DKI Jakarta, yaitu Pekan Paralimpik DKI Jakarta Tahun 2023.

Pembukaan Pekan Paralimpik DKI Jakarta tahun 2023 secara resmi telah dibuka pada Selasa (19/9), ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Tedi Cahyono.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah menyampaikan, ratusan peserta disabilitas ini dikirim dari lima wilayah kota Jakarta dengan rincian 74 atlet dari kontingen Jakarta Pusat, 40 atlet dari Kontingen Jakarta Utara, 45 atlet dari Kontingen Jakarta Barat, 78 atlet dari Kontingen Jakarta Timur dan 78 atlet dari Kontingen Jakarta Selatan.

"Pada Kompetisi Pekan Paralimpik DKI Jakarta tahun ini, ada empat cabang olahraga yang dipertandingkan. Cabor-cabor tersebut antara lain bulutangkis, renang, atletik, dan tenis meja," ucap Kadispora DKI Jakarta.

Dalam Pekan Paralimpik DKI Jakarta 2023, cabor atletik mempertandingkan 40 nomor pertandingan, sedangkan untuk bulutangkis dan tenis meja masing-masing 10 nomor pertandingan, renang 26 pertandingan. Total ada 70 set medali diperebutkan dalam kejuaraan ini.

Pembinaan olahraga bagi penyandang disabilitas telah tercantum dalam Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021-2023 dan tahun ini, kejuaraan Pekan Paralimpik DKI Jakarta 2023 mengusung tema "Hambatan Bukan Halangan untuk Meraih Prestasi".

"Kegiatan ini diyakini dapat bermanfaat memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk berprestasi, meningkatkan kebugaran, rasa percaya diri, dan gairah hidup," ujar Bapak Kepala Dinas.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora DKI Jakarta, Tedi Cahyono menambahkan, Pekan Paralimpik Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023 berlangsung mulai 19-21 September.

Pekan Paralimpik DKI Jakarta akan menjadi ajang monitoring atlet-atlet potensial untuk PEPARPENAS Tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

"Kita berharap tentunya prestasi Jakarta di ajang Peparnas bisa lebih baik dibandingkan tahun. Targetnya, kita bisa setidaknya masuk tiga besar," tutupnya.