Ribuan Peserta Ramaikan Festival Senam Kebugaran DKI Jakarta Tahun 2023!

Dipublikasikan pada 03 Oct 2023 oleh Administrator


RibuanPeserta

Antusiasme tinggi para peserta senam dari 5 wilayah Kota Jakarta untuk mewujudkan Jakarta yang Sehat, Bugar, dan Sejahtera serta membudayakan olahraga dikalangan Masyarakat.

Ribuan peserta memenuhi Hall A Gelanggang Olahraga Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa(3/10) untuk mengikuti Festival Senam Kebugaran DKI Jakarta Tahun 2023 yang secara resmi dibuka oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Hendra Eka Permana.

Dalam sambutannya, Sekdispora menyampaikan bahwa penyelenggaraan Festival Senam Kebugaran ini mempunyai tujuan utama dalam mendorong peningkatan partisipasi masyarakat untuk berolahraga, tentunya dengan kategori tingkat kebugaran yang baik.

“Senam merupakan olahraga yang pelaksanaannya berprinsip pada 5M, yaitu Menarik, Mudah, Murah, Masal, dan Manfaat,” ucap Hendra.

Sekdis yang menjabat sejak tahun 2023 ini berpesan sekaligus berharap kepada seluruh penggiat olahraga untuk tetap berpartisipasi aktif berolahraga dan salurkan semua energi positif menjadi sebuah prestasi.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap agar dapat meningkatkan budaya berolahraga di masyarakat dan yang paling utama tentunya mewujudkan masyarakat Kota Jakarta yang Sehat dan Bugar,” pesan Sekdispora.

Festival yang diselenggarakan oleh Bidang Pembudayaan Olahraga ini diikuti dari berbagai Induk Oraganisasi Olahraga dibawah koordinasi KORMI Provinsi DKI Jakarta. Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Tedi Cahyono menyampaikan, ada 2 kategori yang dilombakan dalam acara ini yaitu usia 40 tahun kebawah dan usia 41 tahun keatas.

“Tentunya kami berharap kegiatan ini mampu mewujudkan Jakarta yang Sehat, Bugar, dan Sejahtera. Membudayakan olahraga dikalangan masyarakat,” kata Kabid Pembudayaan, Tedi Cahyono.

Usia dan jarak tidak mematahkan semangat para peserta. Suwarni, salah satu peserta festival yang berumur 59 tahun menceritakan, dirinya antusias mengikuti Festival Senam Kebugaran DKI Jakarta Tahun 2023 dengan menempuh perjalanan yang lumayan jauh. 

“Saya naik motor dari Priok, Jakarta Utara ke GOR Soemantri, motoran dengan tim senam Priok lainnya untuk bisa ikut di acara ini” ucap Suwarni.

Sementara itu, Sri (58 tahun) pesenam asal Jakarta Barat bersama timnya menceritakan, sebelum mengikuti Festival Senam Kebugaran DKI Jakarta 2023, timnya telah rutin mengadakan senam bersama di wilayah setempat.

“Setiap hari Minggu di dekat Hutan Kota Srengseng kami senam bersama, lalu kami dapat undangan untuk ikut lomba. Selain untuk happy-happy, kami ikut acara ini untuk sehat. Kalau bisa menang itu bonus, alhamdulillah,” ujar Sri, saat diwawancarai di GOR Soemantri, Kuningan, Jakarta Selatan.

Parjiah (65 tahun) tidak mau kalah, ia bersama tim KJS Kitato dari Gebyar Jantung Sehat Jakarta Timur, bersemangat mengikuti Festival Senam Kebugaran ini sejak pukul 06.00 Pagi hari.

“Berangkat dari pagi sekali kami berlima. Senang ikut acara ini untuk mendukung program pemerintah agar masyarakat Jakarta selalu bugar. Dan kami juga biasanya sering mengadakan senam rutin di lapangan Halim Perdana Kusuma,” ujar Parjiah.

Dina (55) dari Yayasan jantung Indonesia Jakarta Pusat turut menceritakan, “kami ikut buat meramaikan saja, bukan semata-mata berambisi untuk juara. Dapat undangan dan kami senang bisa bareng-bareng berkumpul dengan pesenam lainnya disini untuk mengikuti festival senam kebugaran,” cerita Dina.

“Terima kasih kepada Dispora DKI Jakarta yang sudah menyelenggarakan Festival Senam Kebugaran ini. Kami sangat senang, antusias, semangat bisa ikut acara ini” kata Komariah, pesenam asal Jakarta Utara.