Ratusan Atlet Pelajar Antusias Mengikuti Kejuaraan Sepatu Roda Pelajar DKI Jakarta 2023

Dipublikasikan pada 06 Oct 2023 oleh Administrator


RatusanAtletP

“Berdasarkan data dari panitia, jumlah peserta yang mengikuti kejuaran ini sebanyak 564 atlet pelajar. Jumlah ini diluar ekspektasi panitia. Dengan antusiasme yang tinggi ini, menandakan bahwa sumber daya atlet sepatu roda sangat baik,”

JAKARTA - Ratusan atlet sepatu roda Pelajar DKI Jakarta bersaing dalam ajang Kejuaraan Sepatu Roda Pelajar DKI Jakarta Tahun 2023 di Jakarta International Roller Track (JIRTA), GOR Sunter, Jakarta Utara, Rabu(4/10). Kejuaraan ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta (Kadispora), Andri Yansyah, dengan melakukan flag off secara simbolis.

Dalam sambutannya, Kadispora menyampaikan bahwa beberapa faktor pendukung yang sangat penting dalam meningkatkan olahraga prestasi suatu cabang olahraga antara lain sumber daya atlet, venue latihan yang baik, pelatih yang kompeten dan penyelenggaraan kompetisi yang rutin.

“Berdasarkan data dari panitia, jumlah peserta yang mengikuti kejuaran ini sebanyak 564 atlet pelajar. Jumlah ini diluar ekspektasi panitia. Dengan antusiasme yang tinggi ini, menandakan bahwa sumber daya atlet sepatu roda sangat baik,” ucap Kadispora yang menjabat sejak tahun 2023 itu.


Lebih lanjut, Kadispora Andri juga mengatakan, DKI Jakarta memiliki venue sepatu roda terbaik di Indonesia bahkan di Asia Tenggara, “Kita juga punya fasilitas olahraga sepatu roda berstandar internasional yang dinamai dengan Jakarta International Roller Track Arena (JIRTA) yang merupakan venue dengan fasilitas dan kualitas permukaan track sepatu roda terbaik di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Untuk itu mari berlatih dan salurkan semua energi positif menjadi sebuah prestasi.” ucapnya.

Berikutnya, mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakata ini juga menyampaikan, faktor keberhasilan peningkatan prestasi atlet lainnya yaitu memiliki pelatih yang berkompeten. Kata Kadispora, Ia yakin para pelatih yang ada di Jakarta sangat berkompeten.

“Hal ini dibuktikan dengan kualitas keberhasilan para pelatih yang mampu membawa tim sepatu roda menjadi Juara Umum PON 2021 Papua dengan raihan medali yang fantastis yaitu 13 medali emas dari 16 nomor yang diikuti. Hampir menyapu bersih medali emas yang tersedia,” ungkap Kadispora Andri.


Selain itu, diadakannya kompetisi yang rutin menjadi faktor peningkatan prestasi olahraga DKI Jakarta, dalam rangka sarana evaluasi hasil pelatihan sepanjang tahun. Kadispora berpesan agar seluruh peserta Kejuaraan Sepatu Roda Pelajar DKI Jakarta tahun 2023 ini untuk tetap fokus dan disiplin berlatih serta menyalurkan semua energi positif menjadi sebuah prestasi.

Kejuaraan yang diselenggarakan oleh Bidang Pembudayaan Olahraga ini akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 4 sampai 6 Oktober 2023. Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Tedi Cahyono menyampaikan tujuan dari diselenggarakan kejuaraan ini untuk membudayakan olahraga sepatu roda di kalangan masyarakat Jakarta serta untuk mencari bibit atlet sepatu roda berbakat dan potensial sebagai bagian dari proses regenerasi dalam pembinaan berjenjang mulai dari POPB, PPOP dan PELATDA.

Kabid Pembudayaan Olahraga yang akrab dipanggil “Bung” Tedi ini juga mengatakan, ada 3 kategori yang dilombakan dalam kejuaraan kali ini, yaitu Kategori Pemula, Kategori Standar dan Kategori Speed dengan kelompok umur Junior 15-18 tahun dan Senior 19 tahun keatas.

“Terdapat 3 kategori lomba dengan rincian 331 peserta Kategori Pemula, 93 peserta Kategori Standar, dan 140 peserta pada Kategori Speed,” ujar Bung Tedi.