Akmal, Pemuda Asal DKI Jakarta Jadi Duta Pariwisata Indonesia 2023 dari Kerajinan Ondel-Ondel

Dipublikasikan pada 20 Oct 2023 oleh Administrator


Akmal,PemudaA

Dari kerajinan ondel-ondel Betawi hasil tangan terampilnya, Pemuda DKI Jakarta ini sukses membuat juri memilihnya sebagai pemenang penghargaan Best Ekonomi Kreatif 2023 dalam ajang Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2023.

Bagi sebagian besar masyarakat, botol minuman dibuang karena tak lagi digunakan. Namun tidak bagi Lathief Akmal El Azzam, Pemuda asal Jakarta Utara. Di tangan terampilnya, botol-botol plastik bekas diolah menjadi barang bernilai ekonomis. Ia menyulap botol-botol plastik tersebut menjadi pajangan ondel-ondel Betawi

Ide ini bermula sejak tahun 2020 ketika pandemi Covid-19. Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Al Azhar Indonesia ini merasa botol bekas dapat diolah menjadi produk bernilai yang bisa menghasilkan uang dan menjadi sebuah ide bisnis baru.

“Selain dapat mengurangi penggunaan botol sampah plastik, dari hasil kerajinan ini berpotensi menjadi bisnis UMKM yang bisa menghasilkan uang. Di sisi lain, kerajinan tangan ini bisa mengangkat budaya Jakarta yaitu melalui pajangan ondel-ondel betawi,” ungkap pria yang akrab dipanggil Akmal itu.

Lebih lanjut, pria kelahiran 18 April 1999 itu mengungkap bisnis kerajinan ondel-ini ia gagas bersama teman-temanya dan dijual dengan harga Rp 30 ribu per produk. Akmal mengatakan, dari bisnis ini bisa mendapat omzet rata-rata Rp 3 juta per bulan.

Tak hanya itu, dari ide kreatif ini Akmal menyandang gelar Duta Inspirasi DKI Jakarta 2023 dan mewakili Provinsi DKI Jakarta dalam ajang Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2023. Dari kerajinan ondel-ondel Betawi hasil tangan terampilnya, Akmal sukses membuat juri memilihnya sebagai pemenang penghargaan Best Ekonomi Kreatif 2023. Anak dari pasangan Chairil dan Suprihatin itu berhasil menyisihkan puluhan finalis lain perwakilan dari berbagai provinsi di Indonesia dalam Grand Final Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2023 di Bali Nusa Dua Theatre, Minggu (24/9) malam.

Sebelumnya, Akmal mengikuti tahap karantina selama lima hari pada 20-24 September 2023 di Nusa Dua. Ia mengaku pada masa karantina dibekali banyak ilmu terkait ekonomi kreatif, deep interview, dan public speaking. Ia juga berhasil masuk di Top 10 Duta Pariwisata Indonesia 2023.

Kata Akmal, melalui ajang Duta Pariwisata ini ia bisa membuktikan bahwa anak muda khususnya pemuda Jakarta memiliki banyak kreativitas, banyak inovasi yang bisa mendukung perekonomian dan pariwisata di Indonesia.

“Alhamdulillah, terima kasih untuk orang tua, keluarga, teman-teman, Universitas dan seluruh masyarakat DKI Jakarta yang telah membantu dan mensupport saya hingga behasil mendapatkan predikat Best Ekonomi Kreatif. Sungguh diluar dugaan saya, dan saya sangat bersyukur atas apa yang telah Allah berikan kepada saya. Ini bukan tentang hasil yang saya dapatkan, melainkan menjadi pengalaman berharga dalam hidup saya membawa nama DKI Jakarta ke tingkat Nasional” ujar Akmal.

Kata pria yang lahir dan besar di DKI Jakarta ini, ia bercita-cita ingin mengenalkan budaya Betawi ke masyarakat luas. Ia percaya bahwa Pemuda Jakarta bisa mengembangkan kreatifitas dan juga prestasi yang bisa bermanfaat untuk Indonesia ke depannya. Sebagai anak muda yang cinta akan budaya, Akmal berharap kemenangannya ini dapat menjadi contoh, memberikan pengaruh positif, dan semangat bagi generasi muda Indonesia khususnya bagi Pemuda Jakarta agar bisa mencintai produk lokal dan bisnis lokal UMKM.

“Saya berharap bisa memberikan kebermanfaataan dan positif bagi orang lain melalui produk ramah lingkungan ini. Ayo cintai produk lokal dan bangun bisnis UMKM dan dukung ekonomi pariwisata Indonesia,” tuturnya.