Sekda DKI Lepas Ratusan Kontingen DKI Jakarta Menuju POMNAS 2023

Dipublikasikan pada 08 Nov 2023 oleh Administrator


SekdaDKILepas

JAKARTA – Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Joko Agus Setyono melepas ratusan kontingen DKI Jakarta yang akan berlaga dalam ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) Tahun 2023. Acara pelepasan berlangsung di Balaikota, Balai Agung, Jakarta Pusat pada Rabu(8/11) siang.

“Pada hari ini, tanggal 8 November 2023, secara resmi saya lepas kontingen Provinsi DKI Jakarta pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional atau POMNAS ke-18 di Kalimantan Selatan tahun 2023, terima kasih,” ucap Sekda DKI.

Dalam laporan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah, menyampaikan terdapat 450 kontingen DKI Jakarta yang akan dikirim ke POMNAS XVIII tahun 2023 di Provinsi Kalimantan Selatan. Jumlah tersebut meliputi 248 Atlet, 37 Pelatih, 37 Asisten Pelatih, 6 Pelatih Fisik, 19 Manajer, 4 Sport Analisis, 1 Fisioterapi, 8 Masseur, 3 Psikolog, 2 Dokter Olahraga, dan 85 Offisial.

POMNAS merupakan event olahraga nasional setiap 2 tahun sekali yang diikuti oleh atlet mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pada penyelenggaraan POMNAS tahun ini akan digelar pada tanggal 12 – 22 November 2023 di Banjarmasin dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan dengan mempertandingkan 16 cabang olahraga yaitu Atletik, Bola Basket, Bulutangkis, Bola Voli Pasir, Bridge, Catur, Futsal, Gulat, Karate, Kempo, Panjat Tebing, Pencak Silat, Renang, Sepak Takraw, Taekwondo, dan Tenis Lapangan.

Dari 17 kali pelaksanaan POMNAS, Provinsi DKI Jakarta selalu menjadi juara umum. Maka pada tahun ini, kami targetkan DKI Jakarta dapat mempertahankan gelar juara umum di ajang POMNAS 2023 dengan target medali emas sebanyak 66 medali,” kata Kepala Dinas.

Kontingen POMNas Provinsi DKI Jakarta tahun 2023 dibentuk melalui beberapa tahapan seleksi salah satunya adalah dari event kejuaraan seperti invitasi cabang olahraga, pekan olahraga mahasiswa provinsi dan Pesta Olahraga yang terselenggara dari kolaborasi antara Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, BAPOMI, Universitas Negeri Jakarta, Pengprov Cabang Olahraga serta Pengurus Pusat dan Pengurus Besar Cabang Olahraga.

“Adapun untuk atlet-atlet yang tergabung dalam kontingen POMNAS Provinsi DKI Jakarta tahun ini berasal dari 33 Universitas dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang ada di Provinsi DKI Jakarta,” ujar Kadispora Andri.

Ajang bergengsi bagi atlet mahasiswa se-Indonesia ini akan mempertandingkan 209 nomor pertandingan, dengan 178 nomor pertandingan yang akan diiukuti oleh para atlet dari kontingen Provinsi DKI Jakarta.

“Saya berharap kita semua khusunya masyarakat Jakarta dapat berpartisipasi dengan mendoakan dan mendukung kontingen DKI Jakarta yang akan berjuang di ajang POMNAS 2023. Mari bersama kita memajukan olahraga di Indonesia menjadi lebih baik lagi, karena Sukses Jakarta Untuk Indonesia,” tutup Kepala Dinas.