DKI Jakarta Pertahankan Gelar Juara Umum di POMNAS 2023!

Dipublikasikan pada 22 Nov 2023 oleh Administrator


DKIJakartaPer

KALIMANTAN SELATAN - Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVIII 2023 Kalimantan Selatan secara resmi ditutup pada Rabu (22/11) pagi di Auditorium Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru.

POMNAS 2023 yang diikuti 2.717 atlet dari 34 provinsi se Indonesia ini resmi ditutup oleh Ir. Roy Rizali Anwar, ST., MT selaku Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam sambutannya, Sekda Roy mengapresiasi penyelenggaraan POMNAS XVIII kepada Gubernur Kalimantan Selatan yang telah berkenan menjadi tuan rumah untuk POMNAS tahun ini.

“Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan POMNAS telah dapat kita selenggarakan dengan lancar. Selama lebih dari sepuluh hari, para atlet telah menunjukkan kemampuan dan prestasi terbaiknya. Terima kasih atas kontribusinya di ajang POMNAS tahun ini,”ucapnya.

Pada tahun ini, Kontingen DKI Jakarta mengirimkan 450 peserta untuk mengikuti kegiatan POMNAS yang diselenggarakan selama sepuluh hari, 12-22 November 2023 dengan mempertandingkan 16 cabang olahraga antara lain Atletik, Bola Basket, Bulutangkis, Bola Voli Pasir, Bridge, Catur, Futsal, Gulat, Karate, Kempo, Panjat Tebing, Pencak Silat, Renang, Sepak Takraw, Taekwondo, dan Tenis Lapangan.

Berkat perjuangan para atlet, pelatih, asisten pelatih, ofisial serta seluruh masyarakat Jakarta yang terlibat, DKI Jakarta berhasil mengunci gelar Juara Umum Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVIII Kalimantan Selatan dengan perolehan 140 medali.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah, merasa bersyukur karena DKI Jakarta berhasil mempertahankan gelar Juara Umum.

Lebih istimewa lagi, sejumlah cabor juga berhasil menjadi juara umum, seperti renang, pencak silat, bulu tangkis, dan catur.

“Alhamdulillah atas perkenan Allah, DKI Jakarta kembali menyandang gelar kehormatan sebagai Juara Umum pada POMNAS XVIII Tahun 2023 dengan perolehan 140 medali yang terdiri dari 68 emas, 34 Perak, dan 38 perunggu,” terang Kadispora DKI Jakarta.

Lebih lanjut, Kadispora berpesan agar prestasi ini dapat disikapi secara positif oleh para atlet agar mampu meraih prestasi lebih tinggi lagi pada ajang berikutnya, baik di level nasional maupun internasional. Sehingga, tidak hanya membawa nama baik DKI Jakarta, namun juga mengharumkan  nama Indonesia di tingkat dunia.

“Paling dekat kita akan ada PON XXI di Aceh dan Sumut tahun depan. Ini juga harus dipersiapkan secara baik agar Jakarta juga bisa menjadi juara umum," ujarnya.

Kadispora yang menjabat sejak awal tahun 2023 ini mengingatkan kepada para atlet agar terus giat berlatih, selalu berdoa, serta meminta restu kepada orang tua agar semua yang dicita-citakan dapat tercapai.

"Insya Allah atlet-atlet DKI, atlet Indonesia, pasti bisa bersaing dengan atlet luar negeri di kancah internasional. Sukses Jakarta untuk Indonesia," tegas Andri.

Sementara itu, ketua Kontingen DKI Jakarta, Abdul Syukur menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada seluruh Kontingen Indonesia yang sudah berjuang, berusaha, bertanding dalam semua cabang olahraga.

“Saya mengucapkan rasa syukur mewakili Kontingen DKI Jakarta, alhamdulillah di POMNAS yang ke-18 ini bisa meraih juara umum, dan ini merupakan juara umum yang ke delapan belas kalinya. Mari kita jadikan ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional ini sebagai momentum untuk mempererat tali persaudaraan, baik pemerintah, masyarakat maupun dari masyarakat kampus. Dan ini kita jadikan pemersatu bangsa Indonesia,” ungkapnya.