JIRTA, Arena Sepatu Roda Berstandar Internasional di Jakarta

Dipublikasikan pada 31 Mar 2024 oleh Administrator


JIRTA,ArenaSe

JIRTA, Arena Sepatu Roda Berstandar Internasional di Jakarta

 

JAKARTA – Sepatu roda kali pertama hadir di dunia pada 1743 oleh John Joseph Merlin di sebuah teater di London. Sepatu Roda pertama kali muncul di panggung Olimpiade sebagai olahraga demonstrasi di Summer Youth Olympic Games Nanjing 2014, Setelah diterima dengan baik pada Tahun 2014, Sepatu Roda  melakukan debutnya sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan pada Olimpiade Summer Youth Olympic Games Buenos Aires 2018.

 

Seiring berjalannya waktu, olahraga Sepatu Roda mulai masuk ke Indonesia dan pada Tahun 1981 – 1985 dibentuk pengurus organisasi Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi). Dari momen tersebutlah olahraga Sepatu roda ini mulai ikut serta dalam kejuaraan nasional dan international.

 

 

Pada tahun 2023 Pemprov DKI Jakarta melalui Perserosi DKI Jakarta menyelenggarakan Kejuaraan Jakarta Open International Championship, Kejuaraan sepatu roda ini diikuti oleh 1.308 peserta, termasuk atlet dari luar negeri seperti Taiwan, Hongkong, India, Singapura, dan Malaysia. Dan tahukah kamu kalau kejuaraan sepatu roda ini diselenggarakan di  arena yang merupakan satu-satunya arena sepatu roda berstandar internasional di DKI Jakarta yang telah tersertifikasi World Skate yaitu JIRTA (Jakarta International Roller Track Arena)?

 

JIRTA (Jakarta International Roller Track Arena) ini adalah fasilitas olahraga yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang mulai dibangun pada Bulan Mei 2019 dan tuntas pada Januari 2020. JIRTA ini memiliki Track Indoor yang menggunakan material Durflex 101 SP Roller Professional dari Vesmaco (Italia) yang telah tersertifikasi World Skate.

 

Sejauh ini JIRTA selalu digunakan oleh para Atlet DKI Jakarta untuk Pelatihan Daerah menuju PON XXI 2024. Selain digunakan oleh Atlet DKI Jakarta, arena yang bersertifikasi World Skate ini juga sering dipakai untuk menyelenggarakan kejuaraan Sepatu Roda baik itu tingkat kota, provinsi maupun Nasional dan Internasional.

 

Bagi masyarakat yang mau mencoba bermain Sepatu Roda di JIRTA bisa juga loh, dengan cara bergabung ke klub klub sepatu roda di DKI Jakarta dan latihan di JIRTA dengan membayar biaya retribusi yang sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2024 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

 

Selain track indoor nya yang nyaman untuk bersepatu roda, JIRTA juga dilengkapi oleh beberapa fasilitas pendukung untuk menambah kenyamanan para pengguna seperti Toilet, Ruang Ganti, Musholla, Parkir, Tribun, Tribun VIP, Ruang Conference. Yuk share pengalaman kamu yang pernah bersepatu roda di JIRTA!!.

 

 

Sumber :
1. https://health.detik.com/kebugaran/d-6074085/asyik-boleh-main-sepatu-roda-di-jirta-tanpa-masuk-klub-begini-caranya

2. https://konidkijakarta.or.id/berita/berita_detail/688

3. https://jakarta.bisnis.com/read/20211006/77/1451146/habiskan-rp5248-miliar-jirta-sunter-antar-tim-sepatu-roda-dki-juara-umum-pon-xx-papua