Melebihi Target, Senam Artistik Sumbang 9 Medali

Dipublikasikan pada 30 Aug 2024 oleh Administrator


MelebihiTarget

SUMATERA UTARA – Rangkaian pertandingan senam artistik yang menggelar 14 nomor baik putra maupun putri telah berlangsung selama 4 hari sejak Rabu (28/8) hingga Sabtu (31/8) di GOR Serbaguna Disporasu, Deli Serdang.

Pada hari terakhir, DKI masih menambah 2 medali emas pada nomor Meja Lompat Perseorangan Putra atas nama Trisna Ramdhany dengan perolehan nilai 12,950 yang mengungguli Christian Michael Sianturi dari Jambi dengan nilai 12,533 dan Muhammad Ghifari Ibnul Kamal dari Jawa Barat dengan nilai 12,450. Dan nomor Balok Keseimbangan Perseorangan Putri atas nama Trithalia dengan nilai 11,600 dengan mengalahkan Jelena Sandra Sayidina Lesmana pesenam Jawa Timur dengan nilai 11,200 dan Yogi Novia Lailla Rahmadhani pesenam Jawa Tengah dengan nilai 10,700.

Selain itu pada Nomor Lantai Perseorangan Putri, DKI juga menambah 1 medali perak yang disuguhkan oleh Alarice Mallica Vilobianne F.P dengan nilai 11,666. Tertinggal dari Salsabilla Hadi Pamungkas pesenam Jawa Timur sebanyak 200 poin.  

Sehingga secara keseluruhan, DKI telah mengantongi 9 medali yakni 5 emas 3 perak dan 1 perunggu dan sementara berada di posisi runner up membayangi Riau yang mengantongi 6 emas 3 perak 2 perunggu. Meskipun begitu, DKI telah melampaui capaian target cabor senam artistik yang hanya empat medali emas sebagaimana yang dikatakan Ketua Umum KONI DKI Jakarta DR Hidayat Humaid beberapa waktu lalu.

Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 yang diadakan di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara ini, DKI Jakarta mengirimkan sebanyak 1.046 Atlet untuk 85 Cabang Olahraga dan 783 nomor pertandingan. DKI menargetkan merebut gelar juara umum dari tangan Jawa Barat yang berkuasa dalam dua edisi PON sebelumnya yakni di Jawa Barat tahun 2016 dan Papua 2021. “Target Kontingen DKI Jakarta adalah merebut juara umum dengan total  207 medali emas yang bisa diraih," kata DR Hidayat Humaid, Ketua Umum KONI DKI Jakarta.

Hidayat mengungkapkan dari 1046 atlet Kontingen DKI Jakarta bakal terbagi menjadi dua yakni sebanyak 489 atlet berlaga di Aceh dan 557 lainnya bertanding di Sumut.

Saat mengukuhkan sekaligus melepas kontingen Jakarta untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI, di Jakarta Internasional Velodrome, Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono berharap para atlet yang akan berlaga di PON dapat bertanding dan berjuang secara maksimal. "Mewakili Pemprov DKI Jakarta, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada 1.046 atlet yang akan berjuang menunjukkan kemampuan terbaiknya. Semoga PON ini bisa dijadikan sebagai ajang kompetisi untuk membuktikan diri dalam meraih prestasi sekaligus melahirkan para atlet unggul masa depan Indonesia,” ujarnya.

Ia pun menyampaikan kepada seluruh atlet agar membawa nama baik Jakarta, yang selalu menjunjung tinggi sportivitas. Ia juga selalu mendukung bersama masyarakat agar para atlet dapat meraih yang terbaik untuk memberikan hasil yang terbaik bagi Jakarta.

 

"Ingatlah bahwa kemenangan sejati bukan hanya diukur dari medali yang kalian raih, tetapi juga dari sikap dan perilaku kalian di lapangan. Terima kasih atas kerja keras para pelatih, manajer, dan ofisial yang selalu membimbing, mengarahkan, dan mengasah kemampuan para atlet. Kami bersama masyarakat akan terus mendukung dan mendoakan yang terbaik bagi perjuangan Kontingen DKI Jakarta," ungkapnya.