Destinasi Wisata di Aceh Dekat Venue PON 2024

Dipublikasikan pada 06 Sep 2024 oleh Administrator


DestinasiWisat

Destinasi Wisata di Aceh Dekat Venue PON 2024

 

PON XXI Aceh Sumut 2024-Pekan Olahraga Nasional sebagai sebuah ajang olahraga terbesar di Indonesia sebentar lagi akan akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo yang akan menyelesaikan kepemimpinan nasional Oktober tahun ini.

 

PON 2024 merupakan helatan pertama PON yang digelar di dua provinsi sekaligus Aceh dan Sumatera Utara sejak PON diadakan tahun 1948 yang diputuskan melalui Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa dengan perolehan 24 suara mengungguli Bali-NTB 8 suara dan Kalimantan Selatan 2 suara. Menciptakan sejarah baru dalam pelaksanaan PON dengan kolaborasi antar provinsi. Penyelenggaraan ini tidak hanya bertujuan sebagai ajang kompetisi antar daerah di Indonesia melainkan juga upaya mendongkrak kunjungan wisata di kedua daerah tersebut.

 

Di Aceh, akan ada 33 cabang olahraga dengan 42 disiplin dan 510 nomor pertandingan dengan jumlah peserta PON 2024 yang hadir ke Aceh sekitar 5.636 atlet dan 2.752 official. Pertandingan 33 cabor tersebut akan diselenggarakan di 10 kabupaten/kota diantaranya: Kota Banda Aceh, Kab. Aceh Besar, Kota Sabang, Kab. Pidie, Kab Aceh Utara, Kab. Aceh Timur, Kab. Aceh Barat, Kab. Bener Meriah, Kab. Aceh Tengah dan Kab. Aceh Tenggara.

 

Tim media Dispora DKI Jakarta telah menghimpun beberapa destinasi wisata yang dapat dijadikan tempat pelepas penat paska pertandingan atau spot untuk jalan-jalan beserta rombongan kontingen.

 

1.    Kota Banda Aceh

Di kota Banda Aceh dipertandingkan 19 cabor yang mayoritas pertandingannya berada di kisaran komplek Standion Harapan Bangsa yang menjadi tempat Pembukaan PON XXI 2024.

 

Berdasarkan ukuran jarak, tempat wisata yang dapat dijadikan pilihan adalah Museum Tsunami dan Pemakaman Kerkof Peugeot, monumen pengingat dan penghargaan bagi orang-orang yang selamat dari bencana tsunami Aceh pada tahun 2004 silam. Untuk mengunjungi museum ini, pengunjung tidak dipungut biaya apapun selain parkir.

 

Desain arsitektur museum ini unik. Karena berbentuk melengkung, dan terdapat nama-nama korban tsunami yang tertulis di dinding museum ini. Dari luar bangunan museum ini terlihat seperti kapal raksasa, namun jika dilihat dari atas bentuknya menyerupai gelombang laut. Museum ini berjarak sekitar 5,1 km dari SHB atau 11 menit menggunakan kendaraan jika melalui jalan Sultan Malikul Saleh.

Jika belum puas dengan hanya mengunjungi museum, kita dapat melanjutkan ke tempat wisata selanjutnya yakni Pantai Ulee Lheue, Walau berpasir hitam pantai ini sangat diminati warga kota Banda Aceh dan sekitarnya, Karena pantai ini menyimpan pesona disaat sore hari langit terlihat merah dikala matahari mulai perlahan terbenam dibalik gunung Ujong Pancu. Disekitar pantai tersedia taman Kuliner dan berbagai warung serta restaurant jajanan masakan khas Aceh. Jarak dari Museum Tsunami ke pantai ini hanya 4 km atau 7 menit berkendara. Sehingga total jarak dari venue SHB berkisar 9 km atau selama 18 menit berkendara saja.

 

2.    Kab. Aceh Besar

 

Di Aceh Besar, dipertandingkan 6 cabor yakni aerosport, dayung, menembak, kurash, selancar ombak dan woodball. Aceh Besar merupakan kabupaten yang dekat dengan kota Banda Aceh, sehingga beberapa tempat wisata di Banda Aceh dapat diakses pula.

 

Namun tim media mencoba memberikan alternatif tempat wisata yang dapat dikunjungi di Aceh Besar. Diantaranya adalah Ie Su’um yang dalam bahasa Indonesia artinya air panas., Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar yang terletak di kaki Gunung Meuh dengan sumber air panas dari Seulawah. Pemandangan yang disuguhi adalah batu-batu yang tertata tidak merata dengan uap mengepul mengantarkan hawa panas yang melegakan.

 

Di lokasi ini dapat berendam air panas yang berada persis di kaki bukit, sambil menikmati indahnya perbukitan yang mengelilingi. Selain itu, juga dapat melihat-lihat aliran air panas di sekitar kaki bukit yang berbentuk saluran-saluran kecil yang mengeluarkan asap. Setelah mandi di kolam air panas Ie Suum, banyak penderita saraf kejepit (HNP) mengalami perubahan yang signifikan. Manfaat air panas ini sangat dirasakan oleh penderita saraf kejepit. Terhitung jarak dari Kabupaten Aceh Besar ke lokasi terhitung sejauh 33,2 km atau 45 menit berkendara melalui jalan tol Sibanceh.

 

Sebenarnya ada tempat wisata lainnya yang pemandangan instagramable, namanya Mon Ceunong. Namun akses untuk sampai ke sana dapat dibilang amat susah. Dimana harus melewati beberapa anak sungai, dua tanjakan yang sangat curam dan batu besar gunung menghalang perjalanan. Sehingga tempat ini tidak terlalu direkomendasikan sebagai tempat wisata pelepas lelah.

 

3.    Kota Sabang

Sabang yang terletak di Pulau Weh sebagai kota paling barat di Indonesia menyimpan berbagai keindahan alam yang menakjubkan. Apalagi letaknya di bagian paling utara Aceh membuatnya dikelilingi oleh laut. Tentunya hal ini membuatnya memiliki banyak pantai untuk dikunjungi. Disini kita tidak akan kekurangan lokasi yang bisa dijadikan spot untuk merekam kenangan perjalanan. Di kota sabang dipertandingkan aeromodelling, korfball dan selam.

 

4.    Kab. Pidie

Kabupaten Pidie Jaya, di Provinsi Aceh, merupakan daerah yang dekat dengan pergunungan dan laut. Di kabupaten Pidie Jaya ini digelar cabor sepakbola putra dan Sepatu Roda.

 

Di kabupaten Pidie, terdapat Wisata taman kota yang berada tepat di samping sebelah barat kantor Bupati Pidie jaya yang memiliki lahan sekitar tiga hektar lebih dengan di kelilingi persawahan yang hijau. Lokasi wisata ini memiliki kolam ikan seluas sekitar dua hektar lebih yang di dalam nya berisikan berbagai corak ikan air tawar, selain itu di lokasi ini juga menyediakan perahu bebek untuk wisata yang berkunjung kelokasi. Lokasi ini juga memiliki satu unit rumah adat Aceh yang terletak persis di tengah-tengah kolam ikan tersebut, dengan keindahannya rumah itu menjadi spot untuk bersua Poto para pengunjung dengan sungguhan taman bunga di depannya. Di taman kota ini juga memilik cafe tempat tongkrongan para wisatawan yang berkunjung, maka tak heran pada sore hari taman kota ini di padati pengunjung untuk menikmati suasana sejuk udara segar.

 

Selain itu, ada Pantai Matak Tari, Pantai Pasi ie Leuebe, hingga Pantai Meurah seutia atau akrab di sebut pantai Manohara yang membentang sepanjang pinggir laut. Menakjubkan!

 

5.    Kab Aceh Utara

Seperti kabupaten lainnya, kabupaten Aceh Utara juga terletak di pinggir pantai. Namun jika bosan ke tempat wisata laut, dapat singgah ke Air Terjun Blang Kolam, Sido Muliyo, Kuta Makmur, Aceh Utara atau air terjun alue garot, Seumirah, Kec. Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara.

 

Air terjun Blang kolam merupakan tempat wisata yang menawarkan pesona alam yang memukau. Lokasinya yang ada ditengah rimbunnya pepohonan dan jauh dari keramaian kota membuat air terjun ini terasa alami dan asri. Saat memasuki kawasan ini, anda akan dimanjakan dengan panorama air terjun yang eksotis. Bahkan anda bisa bermain air dibawah air terjun yang terasa dingin dan sejuk. Namun sebelum akhirnya tiba di air terjun Blang Kolam ini anda harus berjuang melewati 660 anak tangga. Tetapi perjalanan melewati ratusan anak tangga tersebut sepertinya akan terasa ringan, karena selama perjalanan akan disuguhi pemandangan sekitar yang menakjubkan. Jarak tempuhnya kurang lebih 22 km dengan waktu 44 menit dari Bandara Malikusaleh arena tanding aerosport.

 

6.    Kab. Aceh Timur

Lagi-lagi lokasi pertandingan sepak takraw yang berlokasi IDI sport center berada di pinggir Pantai sehingga dapat dengan mudah menemui Pantai Matang Rayeuk dan Pantai Pelangi yang hanya 3,2 km atau 10 menit perjalanan.

 

7.    Kab. Aceh Barat

Kontingen cabor Bola Tangan dan Softball dimanjakan dengan barisan Pantai mulai dari Pantai Ujong Kareung, Pantai Batee Puteh, Pantai Lamnaga, hingga Pantai Lhok Bubon mungkin bisa berfoto-foto di tugu kupiah Teuku Umar yang terletak disekitaran venue.

 

8.    Kab. Bener Meriah

Di kabupaten Bener Meriah lokasi pertandingan gantole dekat dengan tempat wisata air terjun puteri pintu yakni sekitar 3,3 km atau 7 menit perjalanan.

 

9.    Kab. Aceh Tengah

Bak berlaga sekaligus berwisata, cabor triathlon dipertandingkan di tempat wisata Danau Lut Tawar. Danau Laut Tawar adalah sebuah danau dan kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Disisi barat danau ini terdapat sebuah kota kabupaten yaitu kota Takengon, yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Suku Gayo menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar. Luasnya kira-kira 5.472 hektare dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Begitu pula cabor Bridge yang di gelar di Portola Grand Renggali Hotel yang terletak di pinggir Danau Lut Tawar.

 

10.  Kab. Aceh Tenggara

Kabupaten Aceh Tenggara merupakan salah satu daerah yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser dan menjadi bagian paru-paru dunia yang telah diakui lembaga UNESCO pada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

 

Selain menawarkan berbagai destinasi wisata alam yang indah, Aceh Tenggara memiliki wisata sejarah di Kutacane. Salah satu wisata bersejarah di Agara adalah keberadaan lokasi benteng Tugu Kuta Rih. Bangunan benteng ini merupakan bagian dari Perang Aceh-Belanda ratusan tahun yang lalu. Di Lokasi ini menyimpan sejarah rakyat suku Alas saat peperangan dengan penjajah Belanda saat itu.

 

Atau Wisata religi masjid Agung At-Taqwa Kutacane. Keindahan Masjid Agung Taqwa menawarkan tempat wisata yang bernuansa Islami. Berdiri di lahan seluas 14.000 hektar dan lapangan parkir yang luas hingga ada taman yang dipenuhi pohon kurma dan tanaman lainnya, tampak memperindah kondisi Masjid Agung At Taqwa yang kini merupakan salah satu icon wisata dan kebanggaan masyarakat Aceh Tenggara.

 

Dengan kubah berwarna emas dan cukup dirawat secara efektif, ditambah lagi adanya lukisan khas budaya suku Alas serta kaligrafi disejumlah didinding bercat hitam menambah kemegahan dan kemewahan masjid ini. Jika memasuki mesjid At Taqwa Kutacane para pengunjung diwajibkan memakai berbusana tertutup dan Islami. Anda dapat berkunjung berkunjung ke masjid, atau bermain di taman secara gratis tanpa dipungut biaya.

 

Kedua destinasi wisata tersebut letaknya berdekatan sehingga dapat dijangkau dengan sekali jalan.