PON XXI Aceh Sumut 2024 Resmi Dibuka Presiden Jokowi

Dipublikasikan pada 09 Sep 2024 oleh Administrator


PONXXIAcehSu

Aceh – Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh menjadi lokasi upacara Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumatera Utara 2024 dan sekaligus Puncak Peringatan Hari Olahraga Nasional ke 41 yang dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo beserta ibu negara untuk meresmikan beserta beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju,  Ketua KONI Pusat, Pj Gubernur Aceh dan Sumut  beserta jajarannya dan tamu undangan lainnya pada Senin malam (9/9).

PON kali ini terasa berbeda karena untuk pertama kalinya, dua provinsi menjadi tuan rumah, yaitu Aceh dan Sumatera Utara. Sekaligus PON terakhir di masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo.  Pelaksanaan PON kali ini juga bertujuan mendorong agar peran olahraga di aspek ekonomi semakin besar melalui Sport Event dan Sport Tourism.

Pembukaan PON ini menyuguhkan pertunjukan yang melibatkan 873 penari putra dan putri Aceh dengan 5 koreografer asal Aceh dan seorang koreografer Jakarta yang melibatkan 18 pelatih Aceh yang menggambarkan kekayaan alam, budaya, tradisi dan semangat Aceh yang menjadi bagian dari bangsa Indonesia dengan tema “Aceh Tegak”.

Lantunan syair putra Aceh M Zikir Aulia mengawali pertunjukan yang dilanjutkan dengan penampilan Nabila Taqiyyah dan tarian putra putri Aceh. Acara  dilanjutkan dengan defile seluruh kontingen peserta PON 2024.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Aceh Safrizal ZA yang didampingi Pj. Gubernur Sumut Agus Fatoni mengucapkan terima kasih atas dukungan, bantuan, dan kepercayaan terhadap Aceh dan Sumut untuk menjadi tuan rumah PON 2024 disertai dengan pembangunan infrastruktur dan venue pertandingan bertaraf internasional.  “Momentum PON XXI tidak hanya untuk bertanding dan berkompetisi tapi juga untuk merayakan persatuan dan kebersamaan dengan semangat sportivitas, PON XXI sebagai wujud nyata semboyan kita bersama Bersatu Kita Juara”, ujarnya.

Ketua KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman melaporkan PON XXI 2024 diikuti 38 kontingen terdiri 34 KONI Provinsi dan 4 kontingen provinsi daerah otonomi baru dan IKN. Mempertandingkan 65 cabor dengan 87 disiplin cabor dengan venue berstandar nasional bahkan ada yang berstandar internasional.

HAORNAS dan PON 2024 yang bertema Ayo Olahraga Bersatu Kita Juara menurut Menpora Dito Ariotedjo dimaksudkan agar masyarakat gemar berolahraga untuk meningkatkan kebugaran agar digunakan sebagai pemersatu bangsa dan sarana peningkatan prestasi olahraga nasional dengan tujuan menciptakan Indonesia Sehat dan Berprestasi hingga tingkat dunia.

Presiden Jokowi dalam arahannya meminta semua bersemangat menyambut PON dan berharap agar PON dijadikan ajang untuk melahirkan lebih banyak atlet-atlet terbaik bangsa dan pemecah rekor dunia. “ tapi yang juga tidak kalah penting PON juga ajang kita untuk semakin mempererat semangat persatuan kita, memperkokoh tali persaudaraan kita sebagai sebuah bangsa”, tegasnya. Sebelum membuka PON, sekali lagi Jokowi mengingatkan kepada seluruh peserta untuk memegang teguh sportivitas dan fair play.