Kawinkan Emas PON 2024 Basket 5x5 Putra Putri DKI Taklukan Jawa Timur

Dipublikasikan pada 10 Sep 2024 oleh Administrator


KawinkanEmasP

 Aceh - DKI Jakarta berhasil menambah koleksi medali emas PON XXI Aceh Sumut 2024 dari cabang olahraga basket putra 5x5.tim basket DKI Jakarta mengalahkan Jawa Timur di final di Venue Basket Kompleks Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Selasa (10/2).

Suasana venue yang sangat ramai dipadati penonton baik supporter Jawa Timur, DKI Jakarta maupun muda-mudi Aceh dengan dilengkapi tabuhan genderang, yel-yel serta teriakan seolah ingin berpartisipasi meramaikan gelaran olahraga akbar Nasional di kota mereka.

Tim yang beranggotakan Aaron Nathanael, Almando Davin NB, Ananta Dandy Putra Tarigan, Hendrick Xavi Yonga, Michael Pang, Muhamad Hafizh, Muhammad Azriel Ralie, Oktora Raihan, Azzuri Andhiky, Ralph Christophorus Mulia, Refka Djalu Pangestu, Rivaldo Pua Dawe, Sulthan Prawira ini bermain semangat dan ngotot yang diinspirasi oleh kemenangan tim putri DKI atas Jawa Timur.

Di kuarter pertama, pertandingan cukup ketat hingga akhir, skor 16-14 untuk DKI. Pada kuarter kedua,  pertandingan pun masih cukup sengit namun DKI mulai mampu mengembangkan permainan 34-26. Dilanjutkan dengan kuarter ketiga masih menggunakan pola yang sama DKI mengunci selisih 8 poin 49-41.

Dan pada kuarter keempat dan terakhir, pertandingan kembali ketat dan mendebarkan manakala Jawa Timur mampu memperpendek ketertinggalan 60-57 dengan waktu sisa 43:83 detik.

Kadispora DKI Jakarta yang menonton langsung jalannya pertandingan dari pinggir lapangan terlihat ikut terbawa suasana mendebarkan tersebut.

Defense ketat diterapkan oleh tim Jawa Timur yang justru menciptakan foul berbuah free throw. Kesempatan itu dimanfaatkan oleh putra DKI 2 poin ditambahkan.

Pertandingan ditutup dengan skor 62-57 , kemenangan bagi Jakarta. Kemenangan ini merupakan upaya mempertahankan kejayaan emas Basket 5x5 putra DKI yang juga diraih pada PON sebelumnya. Mengingattahun 2008-2016 Basket DKI tidak menyumbangkan gelar di ajang Pekan Olahraga Nasional. 

Kemenangan ini pun patut untuk dirayakan mengingat bukan perkara mudah bagi tim putra DKI melangkah ke babak final harus menghadapi drama yang sama seperti  saat ini dengan menyudahi Jawa Barat dengan yang skor 62-60. Dan pertandingan antara Jakarta menghadapi Jawa Timur kali ini merupakan pertandingan ulangan di pool A dimana saat itu Jakarta keluar sebagai pemenangnya. 

Dengan hasil ini secara otomatis merupakan pengawinan emas cabor Basket 5x5 putra putri DKI Jakarta.