Raih Dua Emas PON XXI 2024, Cabor Berkuda Equestrian DKI Jakarta Targetkan Dua Lagi

Dipublikasikan pada 13 Sep 2024 oleh Administrator


RaihDuaEmas

Serdang Bedagai Sumatera Utara- Bertanding di Jerycho Stable jalan Pasar Baru, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara, Jumat (13/9), cabang olahraga Berkuda Equestrian meraih emas nomor  Tunggang Serasi - Individual FEI Elementary dengan atlet Muhammad Akbar Kurniawan yang sebelumnya juga tergabung dalam tim beregu dan turut menyumbangkan emas.

Pada PON XXI Aceh Sumut 2024 dipertandingkan sepuluh nomor dari cabor Berkuda Equestrian.  Dan kontingen DKI Jakarta mengikuti delapan nomor diantaranya.

Jenis olahraga berkuda Tunggang Serasi (Dressage) berfokus pada pengendalian kuda secara halus dan elegan. Tujuannya untuk memperlihatkan akselerasi kuda dan atlet saat mengontrol gerakannya secara sederhana dan presisi. Dressage terdiri dari beberapa gerakan yang nantinya menjadi penilaian oleh juri, misalnya berdasarkan keseimbangan, kehalusan, dan presisi gerakan. Cabang olahraga ini membutuhkan kerja sama yang optimal antara atlet dan kuda. Atlet harus pintar membaca gerakan kuda dan memberikan instruksi secara tepat dan halus.

Kontingen Berkuda DKI dengan pelatih Viva Momongan ini membawa tujuh atlet yakni Agung Riyanto (35), Aisha Maydina Hakim (16), Claresta Amantha Kamsari (20), Muhammad Akbar Kurniawan (20), Muhammad Akbar Maulana (24), Natasha Christabel Herjawan(25), dan Teuku Rifat Renanda Harsya(15).

Sehari sebelumnya Kamis (12/9), DKI sudah memperoleh emas dari cabor Berkuda Equestrian melalui nomor Tunggang Serasi Beregu FEI Preliminary yang disumbangkan Claresta Amantha Kamsari, Teuku Rifat Renanda Harsya, Muhammad Akbar Kurniawan.

Keberhasilan tim Berkuda Equestrian DKI ini tidak lepas dari matangnya persiapan mereka sejak bulan Mei 2023 di Pulomas Jakarta. Sehingga pada PON XXI 2024 ini, menurut Meri Yanto Manajer Berkuda Equestrian, DKI Jakarta menargetkan empat medali emas dari sepuluh nomor pertandingan.

“Masih ada beberapa medali emas lagi yang akan diperebutkan. Mohon doa dan support dari warga Jakarta agar kiranya Cabor Berkuda Equestrian DKI Jakarta bisa mendulang medali emas”, harapnya.

Dalam kesempatan ini ia juga berharap kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menambah lagi sarana olahraga berkuda di Jakarta. “Harapan kepada Pengprov. DKI Jakarta  agar kiranya sarana olah raga berkuda dibuatkan lagi, jangan hanya di Pulomas. Dan kalau bisa sarana olah raga berkuda yg berada di Pulomas agar kiranya bisa di pakai para atlet Berkuda DKI Jakarta secara gratis untuk meningkatkan prestasi lebih baik lagi”, tutupnya berpesan.