Langganan Emas, DKI Jakarta Atasi Banten 7-5 di Final Baseball Putra

Dipublikasikan pada 14 Sep 2024 oleh Administrator


LanggananEmas,

Langganan Emas, DKI Jakarta Atasi Banten 7-5 di Final Baseball Putra

 

Banda Aceh- Tim Baseball Putra DKI Jakarta berhasil mengatasi Banten dengan skor akhir 7-5 pada pertandingan final Baseball Putra PON XXI Aceh Sumatera Utara 2024 di Lapangan Tugu Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh, Sabtu (14/9).

Banten merupakan lawan yang cukup diperhitungan oleh kontingen DKI selain Jawa Barat mengingat pada tahap kualifikasi pra PON, Banten sudah menunjukan kualitasnya. Dibuktikan pada semifinal kemarin secara mengejutkan Banten berhasil menundukkan Jawa Barat 8-4.

Pertandingan hari ini berlangsung cukup sengit dimana pada inning pertama baik DKI maupun Banten menciptakan skor 1-1. Pada inning kedua, DKI sempat menambah poin 2 sehingga kedudukan 3-1, Sedangkan pada inning ke-3 dan 4, kedua tim tidak mampu menambah poin akibat defense yang cukup ketat. Baru pada inning ke-5 , Banten berhasil menyamakan keadaan menjadi 3-3, Nama pada inning ke-6 DKI kembali mengambil kendali lapangan dengan menambah 3 poin menjadi 3-6. Di inning ke-7, Banten sempat mencuri 1 poin sehingga skor 4-6. Pada inning ke-8,  DKI dan Banter berbagi 1 poin yang menjadikan skor 5-7.Pada inning ke-9 atau terakhir, Banten yang berposisi sebagai pemukul tidak mampu mencetak poin sehingga DKI secara otomatis dinyatakan sebagai pemenangnya dengan skor akhir 5-7 untuk DKI.

Tim Baseball Putra DKI yang di manajeri Heru Mahmud sudah dipersiapkan secara matang dan intensif  sejak dari 2,5 tahun yang lalu. Sehingga pertandingan ini harus sesuai dengan target yan ditetapkan yakni meraih kembali medali emas yang sudah menjadi langganan bagi tim Baseball DKI Jakarta sejak tahun 2004.

“Sampai sejauh ini alhamdulillah puji Tuhan kuasa Tuhan besar kita masih menjadi Juara”, ungkap Head Coach Baseball DKI Jakarta, Gilberto Sajogo saat ditemui tim media seusai pertandingan.

Namun meskipun begitu, ia selalu mengingatkan para pemainnya untuk terus berlatih dan tidak lengah baik latihan fisik maupun mental. Mengingat DKI sebagai Juara bertahan pasti banyak daerah yang ingin untuk mengalahkannya.

Untuk atlet-atlet yang turun dalam pertandingan ini merupakan atlet-atlet yang muda yang dilatih dan di regenasi secara berkala. “Kami sudah melakukan tiga kali regenerasi semenjak tahun 2008 karena memang regulasi di PON itu berubah-ubah dari tidak ada batasan umur dan PON ini ada batasan umur maksimal 35 tahun”, jelasnya.

Regenerasi atlet cukup banyak terjadi terutama di DKI Jakarta karena dukungan dari club-club Baseball yang ada. Selain itu,  Gilberto menambahkan  selain dukungan club juga adanya dukungan dari Dispora DKI Jakarta dan KONI DKI Jakarta yang dianggap luar biasa. “Dari semenjak saya menjadi pemain di 2004 sampai sekarang saya merasakan itu terjadi peningkatan yang lebih baik. Jadi memang kami sangat disuppot dengan dukungan luar biasa”, tambahnya.

Saat ditanyakan target terdekat setelah PON XXI 2024 bagi atlet-atlet Baseball, Gilberto menginformasikan bahwa akan ada kejuaraan Asia dimana ia berharap banyak pemain DKI yang akan masuk dalam tim nasional tersebut.

Tim Baseball DKI Jakarta yang masuk menjadi tim nasional cukup banyak bahkan dapat disebut mayoritas. Dari pemain inti atau starting line up tim Baseball DKI dapat dikatakan 90% adalah pemain nasional. Sehingga para pemain diharapkan bisa terus memiliki target-target yang lebih besar.

Dari hasil ini, ditetapkan emas untuk DKI, Banten mendapatkan perak dan perunggu diperoleh Jawa Barat. Upacara Penghormatan Pemenang  dihadiri oleh Pj Gubernur Aceh Dr. H. Safrizal ZA, M.Si yang mengalungkan medali secara langsung kepada atlet-atlet Baseball DKI Jakarta.