DKI Jakarta Berjaya Di Nomor Head to Head R4 Putri Cabor Arung Jeram PON XXI 2024

Dipublikasikan pada 15 Sep 2024 oleh Administrator


DKIJakartaBer

Aceh Tenggara - DKI Jakarta berjaya di nomor Head to Head (H2H) R4 Putri cabang arung jeram Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara. Berlomba di Sungai Alas Ketambe, Aceh Tenggara, Sabtu (14/9)

Pada PON XXI Aceh Sumut 2024, cabor arung jeram mempertandingkan empat disiplin lomba, yakni sprint, head to head, slalom, dan downriver race (DRR), dengan kategori yakni R4 (rafting 4 orang) dan R6 (rafting 6 orang) putra dan putri sehingga total ada 16 pertandingan.

Lomba H2H ini mengutamakan adu kecepatan dalam mendayung jarak pendek dengan start berpasangan. Setiap tim harus mengitari minimal 2 boyan (rintangan lomba) dari 4 boyan yang ditaruh di jalur perlombaan sepanjang 370 meter, agar tidak terkena pinalti.

Sebelumnya panitia pelaksana melakukan pengerukan sungai lebih dahulu untuk mendapatkan eddys (putaran air) yang membuat perputaran pada boyan lebih menantang, "Tujuannya untuk membuat persaingan di perlombaan akan semakin kompetitif",  ungkap technical delegate Arung Jeram, Amalia Yunita.

Di H2H R4 putri, DKI Jakarta tak tertandingi sejak babak pertama. Khaisya Aulia Agiasti (20), Lisda Rizki Saputri (23), Nadia Duwi Anindia (18), dan Yustriana Aprilianti (22) sukses melibas Jambi untuk menembus semifinal. Mereka menang waktu 11,02 detik lebih cepat dari catatan Jambi yang menghasilkan 2 menit 16,44 detik.

Dominasi Jakarta belum tertandingi juga di semifinal. Mereka mengatasi Kalimantan Selatan dengan mudah, dan finis tercepat dengan rentang waktu yang cukup lama yakni 16,69 detik lebih cepat. Kalimantan Selatan sendiri masuk ke finis dengan waktu 2 menit 18,83 detik di babak ini.

Pada final, DKI Jakarta bertemu dengan Sumatera Utara yang di babak awal mendapatkan bye dan langsung berlaga di semifinal versus DI Yogyakarta. Meski Sumatera Utara diuntungkan, tapi DKI masih digdaya.

"Alhamdulillah kita bisa emas. Bermain di Sungai Alas itu kita harus push kuat, lalu kuncian jangan sampai lepas yakni start yang bagus dan putaran di Boyan harus cepat. Strateginya tadi kita ambil boyan 3 dan 4 karena jaraknya dekat, itu untuk ngedorongnya pun kita tidak terlalu capek," ucap sang Kapten Tim, Khaisya.

Menurutnya, ini sudah sesuai dengan target. Tinggal satu lagi nomor yang ingin timnya bidik, yakni di slalom. Untuk putri, DKI memang hanya mentargetkan satu emas, tapi bila ada penambahan emas di putri, dinilai bisa membantu target besar. Ini mengingat di putra, DKI diminta untuk bisa membawa pulang tiga medali emas.

Pada hari ini, Minggu (15/9), Tim arung jeram DKI akan bertanding di nomor R6 H2H Putra yang beranggotakan Ali Rizalluloh (37), Asep Saepuloh (41), Cece Sunardi (39), Farhan Shafrizal (21), M Pashya Putra Handayani (21) dan Ridwan (35). Sedangkan R6 H2H Putri masih dilengkapi tim H2H R4 kemarin namun ditambah dengan keikutsertaan Gading Quirunnisa Hidayat (21) dan Siti Hani (18).