Final Softball Putra, DKI Jakarta Raih Perak PON XXI 2024

Dipublikasikan pada 15 Sep 2024 oleh Administrator


FinalSoftball

Aceh Barat- Pertandingan final cabang olahraga Softball PON XXI Aceh Sumut 2024 digelar Minggu (15/9) bertempat di Lapangan Teuku Umar Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Aceh yang mempertemukan DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Partai final ini merupakan  ulangan dari pertandingan perdana dimana kedua tim pernah bertemu dantTim softball putra Jawa Barat berhasil meraih kemenangan tipis 4-2 atas DKI Jakarta , Senin (9/9). 

Berbeda dengan Baseball yang berlangsung selama sembilan babak atau inning, pada cabor Softball  hanya memainkan tujuh inning.

Pada inning pertama, Jawa Barat tertinggal tertinggal 0-1 dari DKI Jakarta, Di inning kedua, menambah 1 poin lagi untuk Jakarta 0-2. Baru pada inning ketiga, Jawa Barat berhasil menyamakan skor 2-2 setelah mencetak 2 run bahkan pada akhir inning ketiga ini (3b) Jawa Barat berhasil membalikkan keadaan menjadi 3-2. Kemudian pada inning keempat, Jakarta mencetak 1 poin untuk menyamakan kedudukan 3-3. Memasuki inning kelima, Jawa Barat kembali menciptakan 1 run untuk memimpin atas DKI 4-3. Di inning keenam kedua tim tidak menciptakan run sehingga pertandingan dilanjutkan ke inning ketujuh atau inning terakhir. Inning terakhir ini keadaan semakin seru dan mendebarkan dibuka oleh Noufal Asya Pradana Jawa Barat. Pertandingan terlihat sangat hati-hati yang bisa dimungkinkan stamina pemain sudah mulai menurun yang hingga akhir pertandingan kedudukan tetap 4-3 untuk Jawa Barat.

Hasil pertandingan ini memantapkan Jawa Barat meraih medali emas disusul DKI Jakarta di peringkat kedua dengan raihan perak. Raihan ini juga melepas dahaga tim Jawa Barat yang selama 35 tahun tidak meraih gelar juara di Softball.

Sama-sama berada dibawah Perserikatan Baseball Softball Seluruh Indonesia disingkat Perbasasi sebagai organisasi induk olahraga sofbol dan bisbol di Indonesia, baik Baseball maupun Softball pada PON XXI Tahun 2024 ini memepertemukan DKI Jakarta dan Jawa Barat pada partai Grand Final dimana pada Final Baseball Putra kemarin DKI Jakarta meraih Juara Pertama dan Jawa Barat sebagai runner upnya.