Sandingkan Medali Emas PON XXI 2024, Tim Bola Tangan DKI Jakarta Putra dan Putri Juara

Dipublikasikan pada 16 Sep 2024 oleh Administrator


SandingkanMeda

Aceh Barat- Tim DKI Jakarta putra dan putri cabang bola tangan berhasil meraih  medali emas setelah masing-masing mengalahkan lawan-lawannya di GOS Meulaboh, Aceh Barat,  Senin (16/9).

Final cabor bola tangan ini terasa berbeda dikarenakan disaksikan langsung Ketua Umum PB ABTI Zulfydar Zaidar Mochtar SE MM yang didampingi Pj Bupati Aceh Barat, Mahdi dan Asisten Pemerintahan Keistimewaan dan Kesra Aceh Barat, Mirsal, S. STP. 

Tim Bola Tangan Putra DKI Jakarta sebagai juara bertahan di PON XX Papua tahun 2021 mendapat perlawanan yang cukup sengit mengingat Jawa Barat juga ngotot untuk meraih angka. Hingga turun minum kedudukan 17 - 12 untuk DKI Jakarta. 

Meski bertarung sengit dan saling mengejar angka, bersusah payah dan melakoni pertandingan yang berlangsung 2x30 menit, kemenangan akhirnya berhasil diraih Jakarta dengan keunggulan tipis  25 - 23 atas Jabar. 

Atas kemenangan itu, secara sah tim DKI Jakarta putra berhasil mempertahankan singgasana juara dan berhak meraih medali emas dan tim Jabar meraih medali perak. 

Pada pertandingan sebelumnya tim putri  bola tangan DKI Jakarta mengalahkan Kalimantan Timur yang menyandang Juara PON XX Papuan 2021 dengan  angka yang juga tipis 21-20.

Adapun jalannya pertandingan cukup ketat, namun tim DKI Jakarta sangat beruntung selalu unggul lebih dulu. Meski di babak pertama sempat ketinggalan atas Kaltim 10 - 11 hingga turun minum. 

Setelah istirahat tim DKI Jakarta yang dikawal Vratyasdewi, Anisa dan Gita selalu berhasil menutup serangan lawan yang membuat  gawangnya selamat dari serangan lawan. Pertandingan terlihat cukup ketat ditandai dengan kejar mengejar angka hingga detik akhir pertandingan hingga wasit membunyikan pluit terakhir. Tim DKI Jakarta putri berhasil unggul atas Kaltim dengan angka 21 – 20. 

Sementara di tempat ketiga diraih oleh Jawa Tengah yang berhasil mengalahkan Kalimantan Timur dengan skor 42-41 yang diperoleh dari perpanjangan waktu setelah pada waktu normal skor imbang 33-33. Perpanjangan waktu 2 x 5 menit yang diberikan juga masih menghasilkan skor imbang 38-38. Sehingga pertandingan harus dilakukan adu pinalti sebanyak lima tembakan per tim. Empat gol berhasil dilesakan tim Jawa Tengah sedangkan tim Kalimantan Timur hanya mampu memasukan tiga gol, 42-41 untuk Jawa Tengah.

DKI  Jakarta keluar sebagai juara dengan meraih medali emas. Adapun perak diraih tim Kaltim putri dan Jawa Tengah berhak atas perunggu.

Dengan capaian ini, tim putra dan putri cabor Bola Tangan DKI Jakarta menyandingkan medali emas PON XXI Aceh Sumut 2024 sekaligus mempertahankan gelar Juara bagi putra dan merebut mahkota juara dari Kalimantan Timur bagi putri.