Cabang olahraga Korfball K8 Pastikan Medali Emas PON XXI 2024

Dipublikasikan pada 16 Sep 2024 oleh Administrator


Cabangolahraga

Sabang-  Senin (16/9) pagi hari pukul 08.00 waktu setempat bermain di GOR Merah Putih Kota Sabang, cabor Korfball sebagai cabor yang baru pertama kali dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional ini  menggelar semifinal pertama antara DKI Jakarta melawan Jawa Tengah yang dimenangkan oleh DKI Jakarta dengan skor 20-15, sehingga DKI Jakarta mestikan diri berhak ke final. 

Pada siang harinya, digelar semifinal kedua antara Jawa Barat dengan Kalimantan Timur. Tim Korfball Provinsi Jawa Barat melenggang ke babak Final cabang olahraga Korfball kategori K8 Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut usai menundukkan tim Kalimantan Timur dengan skor tipis 19 – 17.

Pada semifinal kedua sempat terjadi insiden berupa keributan antar pemain Jawa Barat dan Kalimantan Timur paska terjadi benturan keras. Terlebih lagi pemain Kaltim juga harus diusir keluar lapangan oleh wasit dan pelatih tim Kaltim Karimuji juga diganjar kartu kuning atas protes kerasnya terhadap keputusan wasit.

Pada partai final sore harinya, tim DKI Jakarta harus susah payah menghadapi tim Jawa Barat. Pada babak pertama tim DKI Jakarta sempat tertinggal dua poin sampai dengan turun minum. Namun pada babak kedua, tim DKI Jakarta berupaya mengejar bahkan hingga mampu membalikkan keadaan dan menang 16-9 atas Jawa Barat.  

Tim korfball K8 ini terdiri dari dua tim, empat orang tim defense dan empat orang lainnya tim offense sehingga tim defense dan offense melakukan fungsinya masing-masing  yang dibatasi oleh garis di tengah lapangan. Dan masing-masing tim baik defense maupun offense terdiri dari dua putra dan dua putri atau mix.

Kemenangan tim korfball K8 ini menambah perolehan medali emas DKI Jakarta dimana pada nomor K4-1 yang berlangsung Jumat (13/9) tim DKI Jakarta meraih medali emas dengan mengalahkan Jawa Barat juga dengan skor yang cukup jauh 9-2.

“Ini merupakan hasil kerja keras, latihan disiplin dan komitmen yang tinggi. Proses yang sangat panjang tidak mengkhianati hasil”, ungkap Irma Amelya, pelatih Korfball DKI saat diminta komentarnya tentang pertandingan final hari ini.

Capaian pada PON XXI 2024 ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi DKI Jakarta mengingat  termasuk daerah yang baru melakukan pengembangan terhadap cabor korfball berbeda dengan daerah lain yang sudah mengikuti kejuaraan nasional, kejuaraan provinsi dan turnamen-turnamen lainnya.

Setelah PON XXI 2024 ini selesai, target selanjutnya bagi tim korfball DKI Jakarta adalah mempersiapkan diri untuk menghadapi even-even internasional. Dan Irma juga memohon kepada pengprov untuk memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap cabang olahraga Korfball.