Puncak Klasemen Perolehan Medali Masih Dikuasai DKI Jakarta, Jawa Barat Kedua

Dipublikasikan pada 30 Aug 2024 oleh Administrator


PuncakKlasemen

Berdasarkan data raihan medali yang dirilis situs resmi offisial PON XXI Aceh Sumut 2024 https://ponxxi-acehsumut.id yang diperbarui Selasa (17/9) pukul 09.08 WIB. DKI Jakarta masih berada di puncak klasemen perolehan medali sementara  dengan 124 emas, 103 perak dan 101 perunggu dengan total 328 medali. Di posisi kedua ada Jawa Barat yang meraih 117 emas, 113 perak dan 111 perunggu dengan total 341 medali, disusul Jawa Timur di posisi ketiga dengan 100 emas, 102 perak dan 97  dengan total 299 medali.

Perolehan medali kontingen DKI Jakarta tak dapat lepas dari peranan kontingen di tiap-tiap cabor yang dengan semangat dan pantang menyerah berusaha memberikan yang terbaik untuk Jakarta.

Berikut sepuluh cabang olahraga yang diikuti kontingen DKI Jakarta penyumbang medali teratas  diantaranya: Pertama, cabor Sepatu Roda yang meraup 12 emas 5 perak dan 5 perunggu, dilanjutkan cabor renang yang menyumbang 7 emas, 6 perak dan 7 perunggu di peringkat kedua. Di posisi ketiga, cabor atletik tidak ingin ketinggal menyumbang 7 emas, 6 perak dan 1 perunggu, disusul Judo di posisi keempat yang mengumpulkan 7 emas, 3 perak , dan 4 perunggu. Posisi kelima ada Wushu yang memperoleh 6 emas, 4 perak dan 7 perunggu, dan menempel di posisi keenam ditempati cabor catur dengan raihan 6 emas dan 1 perunggu. Posisi ketujuh dengan 5 emas, 4 perak dan 2 perunggu ditempati cabor selam (kolam/laut) diikuti senam artistik diposisi kedelapan dengan 5 emas, 3 perak dan 1 perunggu. Di posisi kesembilan, Pacuan Kuda berhasil mengamankan 4 emas, 4 perak dan 4 perunggu. Dan di posisi terakhir atau kesepuluh, Loncat Indah mendapatkan 4 emas, 3 perak dan 2 perunggu.

Sebagian besar pertandingan akan selesai pada hari Kamis tanggal (19/9) tinggal menyisakan tiga cabor yang masih bertanding di hari Jumat tanggal (20/9) yakni angkat berat, Shorinji Kempo dan Woodball.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta, Andri Yansyah bersyukur dan bangga dengan raihan yang dicapai kontingen DKI Jakarta. Ia juga meminta kepada para atlet dan ofisial kontingen DKI Jakarta tetap semangat, fokus dan konsisten sehingga mampu mendulang medali emas di sisa nomor pertandingan yang akan diikuti.

“Jangan lupa selalu berdoa dan sebelum bertanding minta restu orang tua sehingga apa yang dicita-citakan meraih medali tercapai," ujar Andri, Selasa (17/9).

Andri juga menyoroti perkembangan perolehan medali yang terus membaik. Dengan sisa pertandingan yang masih cukup banyak, ia yakin DKI Jakarta memiliki potensi besar untuk mendulang lebih banyak medali emas dengan harapan selisih jumlah medali yang diperoleh dengan urutan kedua Jawa Barat menjadi semakin jauh. “Semoga DKI Jakarta mampu meraih predikat Juara Umum pada PON XXI 20224’, tutupnya berharap.