Persembahkan Sepasang Emas, Rugby Sevens DKI Berjaya Di PON XXI 2024

Dipublikasikan pada 20 Sep 2024 oleh Administrator


PersembahkanSe

Banda Aceh - Pertandingan final putra dan putri cabor Rugby Sevens digelar Kamis (19/9) pagi ini di Stadion Mini Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh. Pada partai final  putri saling berhadapan DKI Jakarta melawan tim Papua. Sedangkan pada final putra tim DKI Jakarta melawan tim tuan rumah Aceh.

Sebelumnya pada partai semifinal pertama putra DKI Jakarta menaklukkan Papua Tengah 34-7. Dilanjutkan semifinal kedua putra, tuan rumah Aceh menundukkan Jawa Barat 7-5. Pada semifinal ketiga putri, tim Papua mengalahkan Jawa Tengah 37-0. Dan pada pertandingan semifinal keempat atau terakhir, DKI Jakarta putri membungkam Aceh 32-0.

Pertandingan final putri yang digelar lebih dulu ketimbang final putra berlangsung cukup sengit dan ketat. Kekuatan, kecepatan dan kekompakan antara kedua tim dapat dikatakan seimbang. Pipit Ayu Lestari dkk harus jatuh bangun menghindari tackling tim Papua begitu pun sebaliknya. Namun rasa lelah seakan tak terasa manakala tim putri DKI Jakarta mampu menahan serangan dan mencetak gol lebih banyak ke gawang Papua, 15-10 untuk kemenangan DKI. Dengan kemenangan ini tim Rugby Sevens putri DKI Jakarta berhak atas medali emas.

Final Rugby Sevens Putra yang dipertandingkan setelah final putri selesai digelar, mempertemukan DKI Jakarta dengan tim tuan rumah Aceh. Tim DKI yang diperkuat Almer Zidan (22), Andika Yudistira Pratama (28), Andre Fiksi Gumilang (28), Ario Bimo Iman (27), Bowo Taufik Hidayat (24), Mochamad Fahrozi (22), Muhamad Naza Fiqri Haikal (22), Muhamad Nur Fajar (22) dan Nanda Septian Oloan (29) seakan tidak menemukan perlawanan dari tim tuan rumah sehingga dengan mudah menciptakan gol ke gawang Aceh. Tim DKI Jakarta menuntaskan pertandingan dengan skor 31-12 dan kembali berhak atas medali emas.

Untuk perhitungan poin atau skor dalam pertandingan Rugby ini adalah ketika tim berhasil memegang bola dan mencapai garis belakang lawan, skor yang didapatkan adalah 5 poin. Sedangkan, tim yang berhasil menendang bola melewati gawang lawan yang berbentuk huruf H pada setiap garis belakang akan mendapatkan 2 poin.

Pada PON XXI Aceh Sumut 2024 ini, cabang olahraga Rugby diikuti oleh sepuluh daerah peserta yakni Aceh, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Timur, Papua, dan Papua Tengah.

Cabang olahraga Rugby ini pertama kali dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional adalah pada saat PON XX Papua 2021, dan pada saat itu tim DKI Jakarta hanya bisa mendapatkan medali perak. Dengan dua kemenangan tim putra dan putri secara otomatis tim Rugby DKI mempersembahkan sepasang emas dari nomor Rugby Seven.

Iswahyudi, pelatih Rugby DKI Jakarta menilai pertandingan final yang baru berlangsung sangat seru dan ketat terlebih yang dihadapi putra adalah tim tuan rumah. Dan karena persiapan tim DKI Jakarta yang sangat baik dalam latihan maupun training camp untuk menciptakan strategi-strategi yang ampuh sehingga dapat digunakan dalam pertandingan.

Namun, ia juga tetap mengidentifikasi beberapa kekurangan yang harus diperbaiki. “kekurangan ada dalam hal kerjasama, beberapa kesalahan bola terlepas bola hilang, yang akan kami kurangi dan berlatih terus sehingga tim akan lebih solid dan kalah bukan dari kesalahan tapi karena permainan lawan yang lebih bagus”, ungkapnya. 

Setelah PON XXI 2024 ini, empat atlet putri Rugby DKI Jakarta terpilih untuk mewakili Indonesia bertanding pada kejuaraan Asia dan anggota tim yang lain akan mengikuti Kejuaraan International Rugby Ten di Bali yang akan diselenggarakan tanggal 14-15 Oktober 2024. Di bulan Desember tim Rugby DKI juga akan mengikuti kejuaraan Rugby Sevens di Malaysia dan di tahun 2025 melakukan persiapan-persiapan rutin agar para atlet lebih matang menghadapi Kejuaraan Nasional.

Dalam kesempatan ini, Iswahyudi mengungkapkan rasa terima kasih kepada KONI DKI Jakarta, Dispora DKI Jakarta dan seluruh warga Jakarta. “Terima kasih atas dukungannya baik materiil maupun moril kepada kami semua, bantuan dan dukungan yang sangat banyak sekali yang akhirnya kami dapat membawa pulang dua medali emas”, tutupnya.