Resmi Dibuka, Peparnas XVII Solo 2024 Bertemakan Nusantara Menembus Batas

Dipublikasikan pada 06 Oct 2024 oleh Administrator


ResmiDibuka,P

Solo – Stadion Manahan Solo sebagai stadion kebanggaan masyarakat Solo menjadi tempat Pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional XVII Tahun 2024 Minggu (6/10). Dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo beserta ibu Iriana dan keluarga yang terbang langsung dari IKN usai menghadiri agenda Nusantara Tentara Nasional Indonesia (TNI) Fun Run 2024 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Tampak hadir dalam pembukaan Peparnas XVII 2024 beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Jenderal ASEAN Para Sport, Panglima TNI, Kapolri, ketua NPC Indonesia, ketua PB Peparnas, para Pj Gubernur, kontingen atlet dan offisial dari 35 daerah dan masyarakat kota Solo yang ikut menyaksikan acara pembukaan Peparnas XVII 2024.

Peparnas adalah suatu ajang kompetisi yang menyerupai Pekan Olahraga Nasional (PON) namun diikuti oleh atlet penyandang disabilitas Indonesia. Perbedaan PON dan Peparnas terletak pada pembagian kelas dan teknis pertandingan, dimana atlet dikelompokkan berdasarkan kondisi fisiknya.

Pada Peparnas XVII Solo 2024 mengambil tema Nusantara Menembus Batas dibuktikan dengan prestasi para juara di kancah nasional maupun internasional. Nusantara menembus batas adalah sebuah perwakilan semangat persatuan Indonesia untuk melampaui segala keterbatasan sebagai simbol kemajuan dan pembangunan masa baru yang lebih kuat dan inklusif. Selain itu Peparnas ini mengusung semangat "bedo nanging digdoyo" atau berbeda namun digdaya yang diartinya sebagai semangat pantang menyerah para juara untu membela daerahnya namun tetap memegang rasa persatuan.

Dalam rangkaian defile para atlet dan offisial dimulai dari kontingen Aceh yang mengirimkan 32 atlet yang akan bertanding, Bali 39 atlet, Banten 42 atlet, DI Yogyakarta 133 atlet, DK Jakarta 167 atlet, Gorontalo 21 atlet, Jambi 40 atlet, Jawa Barat 346 atlet, Jawa Timur 83 atlet, Kalimantan Barat 105 atlet, Kalimantan Selatan 206 atlet, Kalimantan Tengah 38 atlet, Kalimantan Timur 175 atlet, Kalimantan Utara 24 atlet, Kepulauan Bangka Belitung 9 atlet, Kepulauan Riau 38 atlet, Lampung 28 atlet, Maluku 30 atlet, Maluku Utara 15 atlet, NTB 44 atlet, NTB 35 atlet, Papua 188 atlet, Papua Barat 64 atlet, Papua Barat Daya 10 atlet, Papua Selatan 20 atlet, Riau 149 atlet, Sulawesi Barat hanya 1 atlet, Sulawesi Selatan 41 atlet, Sulawesi Tengah 15 atlet, Sulawesi Tenggara 31 atlet, Sulawesi Utara 30 atlet, Sumatera Barat 24 atlet, Sumatera Selatan 157 atlet, Sumatera Utara 99 atlet, dan tuan rumah Jawa Tengah 376 atlet.

Dalam laporannya ketua PB Peparnas DB Susanto mengatakan bahwa pada awalnya penyelenggaraan Peparnas akan diadakan di Sumatera Utara namun dikarena satu dan lain hal pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyatakan ketidaksiapannya. Dari kondisi tersebut akhirnya penyelenggaraan Peparnas XVII 2024 disepakati diselenggarakan di Solo Jawa Tengah. 

Dilanjutkan dengan Dito Ariotedjo Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang melaporkan bahwa penyelenggaran Peparnas ini merupakan sebuah komitmen penyetaraan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk berprestasi dalam olahraga. “Olahraga adalah milik semua orang tanpa terkecuali”, serunya. Terlebih prestasi atlet disabilitas Indonesia mampu untuk meraih prestasi di kancah internasional  bahkan dirinya membuat target di tahun 2044 Indonesia mampu menembus 5 besar di ajang Paralimpiade Dunia.

Pekan Paralimpiade Nasional XVII Solo 2024 akhirnya dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo yang menganggap ajang Peparnas sebagai ajang yang spesial sehingga beliau hadir meskipun sebelumnya menghadiri kegiatan lain di IKN. Beliau sangat mengapresiasi para atlet disabilitas Indonesia yang telah mengantarkan Indonesia menjadi Juara Umum ajang ASEAN Para Games sebanyak tiga kali pada tahun 2017, 2022 dan 2023. Beliau berharap agar Peparnas ini dijadikan sebagai ajang pencetakan para atlet potensial sekaligus sebagai panggung kesetaraan untuk menampilkan kemampuan terbaik para atlet diiringi suasana persaudaraan dan semangat sportifitas.