Atlet Para Renang Sumbang Medali Emas Pertama Peparnas XVII 2024 Bagi Kontingen DKI Jakarta

Dipublikasikan pada 07 Oct 2024 oleh Administrator


AtletParaRena

Atlet Para Renang Sumbang Medali Emas Pertama Peparnas XVII 2024 Bagi Kontingen DKI Jakarta


Solo- Atlet Para Renang DKI Jakarta  Rafi Syafar menyumbangkan medali emas pertama bagi kontingen DKI Jakarta. Turun pada nomor 400 meter Gaya Bebas Putra S14, Rafi mencatatkan waktu 4:53:80 detik mengungguli Muhammad Fuad Arafah dari Sulawesi Selatan di posisi kedua dengan catatan waktu 5:02:55 detik dan medali perunggu diraih Ramadoni dari Jawa Barat dengan catatan waktu 5:05:78 detik di kolam renang Intan Pari Karanganyar, Senin (7/10).

Selain menyumbangkan emas, catatan waktu yang di bukukan Rafi mengungguli rekor nasional pada Peparnas sebelumnya yang ditorehkan Fathur Rizky dengan catatan waktu 5:10:89 detik. Capaian ini sekaligus memenuhi target yang ditetapkan untuk dirinya pada Peparnas tahun ini yakni satu medali emas. Rafi turun pada tiga nomor diantaranya 400 meter Gaya Bebas, 100 meter Gaya kupu-kupu dan  200 meter gaya ganti. “Pertandingannya seru, kuncinya harus terus semangat”, ungkapnya bahagia.

Bayu Ciputra Satrio, Pelatih Para Renang DKI Jakarta menurunkan 37 atlet untuk mengikuti 99 nomor perlombaan. “Kami optimis meraih medali lebih dari target, lima emas”, jelasnya. Keyakinan itu disadari perbaikan prestasi yang dicapai para atlet dari Peparnas Papua lalu. Salah satunya Alfendi yang berhasil meraih medali emas pada nomor 100m Gaya Dada Putra S10 memperbaiki capaiannya yang hanya mendapatkan medali perunggu pada Peparnas lalu. Dukungan dari Pemprov DKI Jakarta melalui Dispora dan NPC DKI Jakarta menjadi dasar yang memotivasi para atlet untuk tampil secara maksimal.

Seakan tak ingin ketinggalan dengan Rafi, atlet para renang DKI Jakarta lainnya bersemangat turut mendulang medali bagi Jakarta. Hingga berita ini diturunkan tim renang DKI telah menyumbangkan empat medali emas yang diperoleh Rafi Syafar (400m Gaya Bebas Putra S14), Riski Setiawan (100m Gaya Dada Outra S7), Alfendi (100m Gaya Dada Putra S10), dan Kristian Julian Vano (100m Gaya Bebas Putra S10). Dan tiga medali perak yang disumbangkan Fajar Trihadi (100m Gaya Dada Putra S11), M Nevansyah Fitranov Baso (100m Gaya Dada Putra S14) dan Anastasya Putri Nur Roqim (100m Gaya Bebas Putri S9), serta satu medali perunggu yang diperoleh Iqbal Adi Saputra (50m Gaya Punggung Putra S7). Bayu berharap capaian tim renang DKI Jakarta dapat memotivasi atlet dari cabang olahraga lainnya untuk ikut menyumbangkan emas.